Headlines News :
Home » » Pesona Wisata Eksotis Antartika

Pesona Wisata Eksotis Antartika

Pesona Wisata Eksotis Antartika

Info Dunia - Antarktika merupakan benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi, hampir seluruhnya terletak di Lingkar Antarktika dan dikelilingi oleh Samudra Pasifik, Samudra Atlantik dan Samudra Hindia. Dengan luas 14.0 juta km2 (5.4 juta sq mi), antarktika adalah benua terluas kelima setelah asia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Sebagai perbandingan, Antartika hampir dua kali ukuran Australia. Sekitar 98% dari Antartika ditutupi oleh es yang rata-rata ketebalan minimal 1.9 kilometre (1.2 mil), seluruh daratan meluas tetapi di bagian utara mencapai Semenanjung Antarktika.


http://infowisata13.blogspot.co.id/


Antartika memiliki kelembaban rata-rata terendah, suhu rata-rata terendah di antara semua benua di bumi, benua tertandus, benua berangin terkencang, dan memiliki elevasi rata-rata tertinggi dari semua benua. Antartika dianggap sebagai gurun, dengan curah hujan hanya 200 mm (8 inci) di sepanjang pantai dan jauh lebih sedikit di pedalaman. Tempat terdingin di muka bumi ini sebagian besar tertutup es sepanjang tahun mencapai -89   °C (-129°F). Populasinya terkecil jauh di bawah yang lain (umumnya dihuni oleh para peneliti dan ilmuwan untuk batas waktu tertentu saja) sekitar 1000 sampai 5000 orang. Hanya organisme yang dapat hidup dan beradaptasi di suhu dingin termasuk berbagai jenis fungi, alga, bakteri, protista, tumbuhan, selain itu hewan seperti penguin, nematoda, anjing laut. Vegetasi yang ada hanya tundra.

saat ini dengan kondisi ekonomi yang sangat Krisis global yang sedang melanda dunia saat ini, ditambah lagi merebak nya konflik di berbagai Negara. Kedua hal ini sangat berdampak pada berbagai aspek kehidupan manusia di hampir semua lini,. Tak terkecuali sektor pariwisata. Dikabarkan beberapa turis eropa banyak yang membatalkan perpanjalanan wisata nya ke sejumlah Negara-negara di timur tengah, mereka kuatir akan kondisi keamanan selama perjalanan wisata ke Negara-negara tersebut. Hal ini pun sedikit berdampak pada sector pariwisata Indonesia

http://infowisata13.blogspot.co.id/


Namun di sejumlah negara seperti belanda terdapat sejumlah biro perjalanan yang menawarkan wisata yang lain dari yang lain, yakni berwisata ke Antartika.  Semua orang mungkin mengenal Antartika. Walaupun secara umum benua ini merupakan hamparan es dibawah langit biru, suasanya sepi dan yang ada hanya penguin dan anjing laut. Antartika juga merupakan tempat yang tidak ramah untuk dihuni, pasalnya sejauh 14 juta KM dataran ini diselimuti oleh es dengan ketebalan 2000 sampai 4800 M. Ada juga yang tidak bersalju, namun datarannya benar-benar kering tanpa air setetespun. Biasanya dataran ini disebut lembah kering tanpa salju.

Benua ini memiliki dua musim, musim panas dan musim dingin, kedua musim ini berganti setiap enam bulan sekali. Temperatur di benua ini rata-rata berkisar minus 34 derajat celcius, namun temperatur di pusat lebih rendah dari temperatur dipantainya. Temperatur terendah di benua ini mencapai minus sekitar 89 derajat celcius, sementara temparatur tertinggi sekitar 15 derajat celcius. Tak heran kalau benua ini disebut benua terdingin di dunia, namun bisa juga disebut benua paling berangin dan paling dingin. Namun semua itu seakan bukan halangan bagi sebagian orang, karena saat ini berwisata ke benua ini semakin diminati, mungkin wisata ini sebagai alternatif dari banyaknya gejolak yang terjadi di beberapa negara. Walaupun wisata ini baru bisa dinikmati kalangan atas. Hal itu terkait dengan informasi dari beberapa sumber bahwa untuk bisa menikmati perjalanan wisata ini, kita harus membayar sekitar 8000 euro atau sekitar 513 juta rupiah per orang. Biaya yang cukup mahal tersebut memang sebanding dengan nuansa dan sensasi yang akan didapatkan selama mengelilingi benua yang berlokasi paling selatan di bumi ini. Pengunjung akan menikmati berbagai macam fasilitas seperti hamparan es yang sangat luas, melihat populasi asli penguin, kemudian mereka akan menginap di amundsen (salah satu fasilitas penelitian milik amerika serikat) atau fasilitas penelitian milik negara lainnya. Fasilitas-fasilitas ini menggunakan energi matahari dan angin. Berwisata ke benua paling selatan ini memang cukup eksotis dan ekslusif karena tidak semua orang bisa menikamati. Kenikmatan yang didapat tak kalah dengan berwisata kenegara-negara eropa atau yang lainnya. Marilah kita segera menikmati perjalanan wisata eksotis ini, karena mungkin semua orang tau bahwa dunia kita terus menerus mengalami pemanasan global dan bukan mustahil beberapa tahun kedepan benua ini akan hilang dikarenakan sebagian es nya mencari dan akan menutupi dataran disekitarnya.

http://infowisata13.blogspot.co.id/


Ayo berkunjung !!!

lihat juga


Pesona Wisata Eksotis Antartika

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | infowisata13 | infowisata13
Copyright © 2016. Info Wisata Terkini - All Rights Reserved
Template Edited by Fuad Jamaluddin Published by infowisata13
Proudly powered by Blogger